Ketika “facebook” berlabuh

Zaman sudahberubah.. Keberadaan dunia internet sudah tidak dapat dibendung lagi..  Jejaring sosial (baca: facebook, twitter) sudah menjadi menu sehari-hari kita.. Begitu juga kami (baca: guru, siswa, orangtua/wali murid).  Itu semua merupakan tahap yang mau tidak mau harus kami lalui.

Sebagai suatu lembaga pendidikan yang juga merupakan “bengkel akhlak”, kami tertantang untuk menyelami dunia itu.  Banyak pertanyaan yang harus kami jawab untuk mengakui bahwa dunia internet dan jejaring sosial layak untuk anak usia SD.

Facebook memang tidak pernah menjadi matapelajaran ataupun kurikulum dalam sekolah.  Tetapi, sangat mengherankan bahwa hampir semua orang kenal dan dapat menggunakannya.  Keberadaannya sangat dibutuhkan untuk menunjukkan eksistensi seseorang.  Bahkan menjadi indikator penentu suatu keberhasilan menggenggam dunia mengalahkan keberadaan Blog.

Coba kita telusuri, untuk apa saja sich kita menggunakan facebook?

1. Mencari teman

Jika kita kehilangan kontak dengan teman kita, sangatlah mungkin kita bisa temukan di facebook dengan fasilitas “search”nya.  Bahkan dengan jelas kita akan tau alamat atau sekolahnya dengan membaca “profile” nya.  Dengan demikian, jalinan silaturrahmi akan terbentuk kembali.

2. Sharing pendapat

Kita mempunyai pendapat yang ingin dishare dengan teman-teman kita? cukup kita update status kita, maka teman-teman yang tertarik akan memberi komentar ke status kita. Fasilitas ini bisa digunakan untuk memberitahukan ke teman kita kalo ada PR lo…

3. Mengirim pesan private

Seperti halnya pesan SMS, kita bisa mengirim pesan secara private ke teman kita. Bahkan bisa sepanjang halaman folio jika kita mau.  he..he.. wah, jangan-jangan mau digunakan untuk mengirim jawaban PR…

4. Menyimpan dan membuat album foto

Ini juga salah satu fasilitas yang mengasikkan… kita bisa menyimpan foto kita ratusan jumlahnya sehingga foto-foto tidak perlu untuk dicetak.  Irit kan!!!  tidak hanya foto lo.. video juga bisa.

5. Membuat grup

Ingin mengumpulkan teman yang hobinya sama? di sini tempatnya.. kita bisa mengundang teman-teman kita untuk bergabung dalam grup tertentu, misalnya english club, science club… dalam grup itu, kita bisa share pendapat atau pengetahuan dari teman-teman kita yang minatnya sama.

6. Membuat buku harian pribadi

Dengan fasilitas note, kita bisa membuat catatan-catatan kecil, uneg-uneg kita, dan catatan lainnya yang bisa dirahasiakan, dishare dengan orang tertentu, atau semua dapat membaca.. Itu semua dapat kita atur.

Nah.. masih banyak sebenarnya hal positif  yang dapat dieksplorasi dari facebook.  Facebook memang banyak manfaatnya tetapi banyak juga mudharatnya… Yang pasti, berpikirlah positif tentang hal yang baru sehingga kita dapat memanfaatkannya secara maksimal..

SD Muhammadiyah Plus selalu mencoba mengikuti perkembangan zaman.  Ketika “facebook” berlabuh dan anak-anak kami penumpangnya, maka guru-guru akan menjadi nahkodanya yang mengarahkan kemana akan mendarat…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: