Tentang Kami

SD MUHAMMADIYAH PLUS

“KOMITMEN PADA TREN MUTU PENDIDIKAN DASAR”

Di tengah-tengah persaingan SD Islam swasta di Mojokerto, SD Muhammadiyah Plus Mojokerto hadir dengan warna kurikulum yang berbeda dengan motto “komitmen pada tren mutu pendidikan dasar”. SD Muhammadiyah Plus adalah SD satu-satunya yang dimiliki persyarikatan Muhammadiyah di Kota Mojokerto.  SD ini didirikan oleh Tim Pendiri dan Pengelola  yang diketuai oleh Bapak Diaz Roychan, ST, MM yang pada waktu itu (tahun 2005) adalah new comer di organisasi Muhammadiyah Mojokerto meskipun dari kakek moyangnya telah terilis darah Muhammadiyah.  Awal pendirian sekolah ini, menempati gedung TK Aisyiyah 8 lantai 2 JL. Bhayangkara 65 Mojokerto.  “Dengan segenap niat tulus dan ikhlas, serta motivasi dari pioner siswa angkatan pertama, kami bisa bertahan dan sedikit demi sedikit menuju perbaikan dalam kualitas dan inovasi” ungkap Ibu Ami Fauzijah, ST, MT selaku kepala Sekolah.

Saat ini, gedung sekolah menempati tanah wakaf seluas 1755 m2 di Jl. Taman Siswa 25 kelurahan Purwotengah kecamatan Magersari kota Mojokerto.  Gedung yang dibangun secara bertahap dan dengan kekuatan sendiri oleh Tim Pendiri dan Pengelola serta beberapa bantuan Dinas P dan K, sekarang sudah mencapai tahap akhir  di lantai 3.  Luas ruang Kelas rata-rata 51 m2 dan standar fasilitas perkelas adalah AC dan satu set komputer.

Animo masyarakat yang tinggi terhadap pendidikan Muhammadiyah yang berkualitas terbukti dengan jumlah pendaftar yang semakin meningkat tiap tahunnya. SD Muhammadiyah Plus menetapkan jumlah siswa maksimal 25 siswa/kelas  dengan 2 guru. Total rombongan belajar adalah 12 (kelas 1 Adam, 1 Nuh, Kelas 2 Isa, 2 Musa, Kelas 3 Ibrahim, 3 Muhammad, Kelas 4 Ismail, 4 Ishaq, Kelas 5 Yusuf, 5 Yunus, Kelas 6 Daud, 6 Muhammad) dan total siswa untuk tahun ajaran 2010/2011 adalah 250 siswa. Total jumlah guru  dan pegawai  36 orang, terdiri dari 27 orang guru tetap (dengan pendidikan minimal S1) tanpa ada PNS dan 9 orang pegawai.  “Kami tidak mau ada PNS dalam jajaran guru kami, karena kami ingin berjuang dan berdiri di atas kaki sendiri” tambah Ibu Ami yang juga menitipkan putra keduanya di SD ini

Salah satu ciri sekolah Islam adalah pendidikan Ibadah Akhlak.  SD Muhammadiyah Plus memulai pembelajaran pukul 06.30 dengan mengaji, hafalan doa harian, hafalan hadist, dan dilanjutkan dengan sholat dhuha serta kultum.  Sholat wajib lima waktu dimonitoring oleh sekolah melalui program monitoring by phone.  Pendidikan akhlak (karakter keIslaman) diberikan melalui pembiasaan salim salam dan sosialisasi antar teman.  Evaluasi dan target pembelajaran ibadah akhlak diwujudkan dalam buku Prestasi santri dan buku My Diary Activity.

Akses wifi yang diberikan di lingkungan sekolah, memungkinkan guru dan siswa mengeksplorasi pembelajaran dari internet. Semua informasi kegiatan juga dirangkum dalam blog sekolah di alamat: https://sdmuhplus.wordpress.com. Meskipun demikian, sekolah juga memprogramkan pembelajaran di luar kelas dalam kegiatan outdoor activity/semester dan kegiatan tahunan berupa outbound (untuk kelas 1-3), tadabbur alam (kelas 4, 5), serta persami (untuk kelas 6).  Dari sisi bahasa, diberikan bahasa Arab dan Inggris untuk digunakan dalam pembicaraan baik di dalam kelas maupun di luar kelas yang dibantu dengan program English day with native speaker.  Adanya perpustakaan sekolah dengan koleksi 1000 lebih judul sangat membantu siswa dalam mencari referensi bacaan.

Bukti kesuksesan SD Muhammadiyah Plus tidak hanya dilihat dari fisiknya saja tetapi juga dari prestasi siswa yang sudah diraih di tingkat kota sejak tahun 2005 sampai 2012 ini, baik di bidang seni yang melejit dengan kejuaraan puisi, pidato, pildacil, dan lukis; bidang agama dengan juara MTQ; bidang akademik dengan prestasi di bahasa Inggris, mengarang bahasa Indonesia, siswa berprestasi.  Sedangkan untuk prestasi Guru terdiri dari Kepala Sekolah berprestasi juara ke III tingkat kota Mojokerto, dan Penghargaan PTK guru PKn tingkat Nasional tahun 2012.  Ini semua tidak terlepas dari kerja keras guru-guru dan dukungan orangtua/wali murid serta semangat dari kepala sekolah yang tidak henti-hentinya berinovasi.  “Kami ingin membuat sekolah ini berbeda dengan sekolah Islam pada umumnya.  Kalo di pusat perbelanjaan dikenal one stop shopping, maka sekolah kami mempersiapkan  one stop education yaitu kepercayaan pendidikan di bidang agama, akademik, kemandirian, seni budaya dan globalisasi” ungkap Ibu Ami yang juga seorang dosen senior di Teknik Informatika UII Yogyakarta.

Tahun 2011, SD Muhammadiyah Plus melaksanakan akreditasi yang pertama dan kelulusan siswa angkatan pertama.

8 Responses to Tentang Kami

  1. harjundamachmud says:

    SD Muhammadiyah plus mojokerto, mantap oi… kami guru sdn 8 terentang kab. kubu raya (www.sdn8terentang.blogspot.com)banyak membaca tulisan di blog ini, terima kasih!

  2. sdmuhplus says:

    Terima kasih kembali… semoga Sekolah kami bisa menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain…

  3. Talitha says:

    Saya Talitha Anny Widiari angkatan ke III SD Muhammadiyah. Ikut nimbrung kasih komentar..

    SD Muhammadiyah Plus memang mengutamakan kwalitas Pendidikan.

  4. Saya mau menanyakan, alamat email SD Muhammadiyah Plus Mojokerto apa? Saya mau kirim email permohonan kerjasama.

    Terima kasih

    Tri Yugo Wicaksono
    Progress Prestasi – Jombang

  5. SUPRIYADI says:

    foto2 kegiatan siswa diperbaharui donk……

    • sdmuhplus says:

      mohon maaf bapak, karena foto-foto kegiatan itu kami masukkan dalam flicker dan kami kehilangan password account flicker kami, sehingga belum bisa meng-update foto-foto kami… he..he.. maklum… adminnya kebanyakan menyimpan password..

  6. denissya says:

    maaf ingin menanyakan apakah ada lowongan untuk guru BK ? saya s1 psikologi. mohon infonya, trimakasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: